Tips Menjaga Kebersihan Mobil Honda di Rumah

Menjaga kebersihan menjadi sebuah keharusan di tengah pandemi Corona ini. Tak terkecuali pada mobil kesayangan Anda, mau itu masih dipakai untuk beraktivitas atau harus diam di rumah selama pembatasan sosial. Tips berikut mungkin bermanfaat bagi pemilik mobil Honda karena dapat dikerjakan di rumah.

 

Mencuci Eksterior

Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di dalam kabin, namun kebersihan eksterior tak kalah penting. Tidak menutup kemungkinan bagian eksterior menjadi tempat penularan virus. Contoh, dari handle pintu. Untuk itu, cucilah secara berkala dengan sabun khusus mobil.

Dalam pencucian bagian luar, ada beberapa poin penting perlu diingat. Selalu cuci dalam keadaan teduh. Hindari pula membilas saat kondisi permukaan masih panas, agar air tidak menguap lantas meninggalkan flek di kulit. Lalu, gunakan teknik mencuci dua ember, satu untuk air sabun, satu berisi air bersih tempat mencuci lap. Tujuannya agar kain lap tidak membawa kembali kotoran setelah menyapu permukaan.

Semprot terlebih dahulu secara menyeluruh untuk mengangkat kotoran menumpuk. Baru kemudian aplikasikan sabun ke tubuh dari atas ke bawah. Hindari penggunaan sabun cuci piring karena mungkin terlalu keras untuk cat mobil. Tentu kita tidak mau polimer cat terkelupas bukan? Hal ini pun dapat mempercepat proses oksidasi cat sehingga mudah kusam. Bila sudah selesai, segera bilas dan keringkan dengan lap. Disarankan menggunakan microfiber guna meminimalisir baret halus.

Jika ingin membersihkan kaca secara khusus, gunakan cairan pembersih. Jangan semprotkan produk yang mengandung amonia ke jendela berwarna, seperti Heat Rejecting Green Tinted Glass pada Honda Brio. Pewarna pabrik di kaca dapat terurai oleh ammonia dan/atau cuka. Sekali lagi, gunakan kain berserat mikro untuk menghindari risiko kerusakan pada permukaan kaca.


Menjaga Kebersihan Interior

Kabin berpeluang besar menjadi tempat bersarang bakteri, kotoran, bahkan virus. Apapun bentuk kontaminasi dari luar dapat terbawa masuk saat kita menyentuh setir, tuas transmisi, sabuk pengaman, dan lainnya. Maka dari itu, cukup krusial untuk selalu menjaga kebersihan interior.

Andai khawatir terkontaminasi virus, langkah pencucian dapat diawali pada area tertentu. Terutama komponen yang sering disentuh mulai dari setir, handle pintu, pengunci seat belt, tuas serta tombol dalam kabin. Gunakan produk pembersih ‘spray and wipe’ dan sikat halus atau kuas untuk membersihkan interior.

Berhati-hati saat membersihkan kabin. Waspada cairan masuk lewat sela tombol atau tuas, sebab komponen elektrik dan air bukan sahabat dekat. Jangan juga langsung dikerjakan secara meluas, coba dulu di area kecil dan perhatikan apakah terjadi perubahan warna atau tidak. Begitupun saat membersihkan bangku. Beda material, beda langkah penanganan. Gunakan pembersih jok kain untuk material fabric seperti pada HR-V tipe S, atau leather cleaner bila bangku dibungkus kulit pada HR-V Prestige.

Pembersihan dapat berlanjut ke material kotoran kasat mata seperti sampah dan debu. Sedot bersih debu dengan vacuum cleaner, atau jika tidak ada, dapat menggunakan alat penyapu mini. Jangan ketinggalan debu di dasbor dan doortrim, cukup disapu lap bersih. Keluarkan karpet dan cuci bersih menggunakan air sabun bila memungkinkan.

Untuk menjaga kebersihan dan kesegaran udara kabin, Honda menyematkan filter udara di beberapa model. Seiring berjalannya waktu, kotoran dapat menumpuk pada filter dan mengurangi kinerja penyaringan. Ada baiknya dicek dan segera diganti bila ternyata filter sudah kotor, untuk mempertahankan kualitas udara terbaik. Jika tidak dapat melakukan sendiri, Honda punya layanan Home Service sehingga Anda tidak perlu bepergian ke luar rumah. Tak perlu khawatir, Honda telah menetapkan prosedur kesehatan untuk menjaga kenyamanan konsumen. (KARIM - Carvaganza.com)

Documents

SHARE: