Berikut 10 Barang yang Wajib Ada di Mobil Anda

Hal apapun dapat terjadi saat Anda sedang bepergian bersama keluarga, sehingga sebaiknya Anda membawa beberapa perlengkapan berikut di dalam mobil Anda yang dapat digunakan pada situasi darurat. Untuk membuat perjalanan Anda nyaman dan aman, yuk jadi pengendara yang siaga dan cek apakah alat alat berikut sudah ada di mobil Anda:

1.    Kabel Jumper

Ada kalanya, Anda terjebak dalam situasi dimana mobil Anda mogok. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba melakukan teknik jumper dengan cara mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai yang telah soak agar mengisi aki mobil sehingga dapat di starter kembali. Karena itu, selalu pastikan Anda membawa kabel jumper di dalam mobil Anda.

2.    Pelindung Kaca Mobil

Hal ini diperlukan apabila Anda parkir di tempat yang langsung terkena cahaya matahari. Untuk meminimalisir hawa panas saat Anda kembali kedalam mobil, pelindung kaca mobil dapat digunakan untuk menghalangi masuknya cahaya matahari langsung ke dalam dashboard.

3.    Dongkrak, Ban Cadangan serta Kunci Roda

Ketiga hal diatas perlu Anda bawa selama perjalanan untuk berjaga-jaga seandainya ban mobil Anda kempes ditengah jalan. Pilih dongkrak yang berukuran kecil dan mudah dibawa, serta ban cadangan dan kunci roda untuk membantu melepas ban yang kempes dari tempatnya.

4.    Segitiga Pengaman

Segitiga pengaman wajib ada di mobil Anda untuk membantu pengendara lain melihat kendaraan Anda yang mogok di pinggir jalan dengan lebih jelas, khususnya di malam hari. Letakkan segitiga pengaman dengan jarak 1,5 meter dibelakang mobil Anda, dan jangan lupa untuk turut menyalakan lampu hazard agar mobil Anda semakin terlihat oleh pengendara lain.

5.    Charger Mobil USB

Apabila Anda menginginkan perjalanan yang nyaman, tentu charger mobil USB menjadi salah satu alat yang wajib ada di mobil Anda. Dengan charger USB, Anda dapat mengisi daya handphone sehingga Anda dapat tetap berkomunikasi dan mengecek lokasi melalui GPS untuk sampai di tujuan. Namun ingat, jangan menelpon menggunakan HP Anda saat menyetir ya.

6.    Perlengkapan P3K

Barang ini juga harus ada di mobil Anda seandainya terjadi kecelakaan. Saat ini, banyak toko online yang menjual perlengkapan P3K dengan ukuran yang mudah dibawa untuk diletakkan di dalam mobil. Perlengkapan tersebut meliputi plester, alkohol, obat merah, perban, gunting dan lainnya. Pastikan alat P3K Anda lengkap dan selalu periksa tanggal kadalursa dari setiap produk.

7.    Tempat Sampah Mobil

Sebagai pengendara yang taat peraturan, tentu Anda tidak akan membuang sampah sembarangan ditengah jalan. Untuk menjaga kabin mobil Anda tetap bersih, sediakan satu tempat sampah kecil untuk menampung sampah selama perjalanan.

8.    Senter

Walaupun saat ini smartphone biasanya sudah dilengkapi oleh fitur senter, namun fitur tersebut juga dapat menghabiskan baterai Anda secara lebih cepat. Lebih baik sediakan senter berukuran mini di mobil Anda, karena selain menghemat baterai handphone, cahaya dari senter juga lebih terang sehingga memudahkan Anda mencari barang-barang yang terjatuh di dalam kabin.

9.    Tisu

Barang ini sudah pasti harus ada di dalam mobil Anda, karena tisu dapat dipergunakan untuk banyak hal mulai dari mengelap bagian mobil yang kotor atau mengelap tangan Anda. Pastikan tisu selalu ada di dalam mobil Anda.

10.  Kunci Pengaman Mobil

Ya, mobil Anda mungkin sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan canggih mulai dari Immobilizer, Alarm System, Smart Key dan Walk Away Lock. Namun, lebih baik Anda juga menambahkan kunci pengaman mobil sendiri seperti kunci setir, kunci transmisi, atau kunci pedal untuk semakin menambah keamanan.

 

Berikut tips dari Honda, semoga bermanfaat bagi perjalanan Anda!

Documents

SHARE: