5 Kebiasaan Ini Bikin Mobil Kamu Cepat Rusak!

Saat ini, mobil telah menjadi salah satu alat transportasi utama untuk menunjang aktivitas sehari-hari, entah untuk bekerja, kuliah, atau berwisata bersama keluarga dan sahabat. Menggunakan mobil dapat membuat aktivitas keseharian kamu lebih praktis dan mudah dilakukan, sehingga pastinya kamu ingin mobil yang awet dan tidak mudah “rewel”.

Berikut kami jabarkan 5 kebiasaan buruk pengendara yang dapat memperpendek usia mobil. Yuk cek apakah kamu melakukan salah satu dari 5 hal berikut?

 

1.)   Menggunakan Gigi Netral di Jalan Menurun

Kebiasaan yang satu ini tidak hanya membuat mobil kamu cepat rusak, namun juga berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal lho!

Saat mobil berjalan menurun menggunakan gigi netral, maka mobil akan melaju lebih cepat dan ringan. Tetapi, berjalan menurun dalam kecepatan tinggi sangat berbahaya karena Anda akan kesulitan untuk mengerem, memasukkan gigi ataupun mengontrol mobil Anda. Hal ini dapat mengakibatkan mobil slip sehingga berpotensi terjadi kecelakaan.

Ingat ya, saat berjalan menurun, sebaiknya perlambat kecepatan mobil dengan menggunakan gigi rendah.

 

2.)   Sering Mengerem Mendadak

Saat berkendara, hindari kebiasaan mengerem mendadak karena hal tersebut dapat membuat kampas rem cepat aus. Sebaiknya, saat hendak berhenti, tekan pedal rem secara perlahan dari jarak jauh. Lakukan sedikit demi sedikit hingga kecepatan mobil perlahan-lahan menurun dan berhenti sempurna. Selain membuat kampas rem awet, kebiasaan ini juga membuat konsumsi BBM mobil kamu lebih hemat lho.

 

3.)   Sering Menginjak Pedal Gas Mendadak

Mungkin saat itu kamu sedang terjebak lampu merah dan terlambat datang ke kantor. Karena panik, saat lampu lalu lintas berganti hijau, kamu langsung menginjak pedal gas sedalam-dalamnya supaya mobil cepat melaju.

Namun, menekan pedal gas terlalu dalam dari kondisi berhenti membuat mesin bekerja sangat keras dalam waktu singkat, sehingga RPM dipaksa berputar dalam kecepatan tinggi secara tiba-tiba. Apabila dilakukan terus menerus, hal ini dapat merusak komponen mesin dan mengakibatkan konsumsi BBM lebih boros.

 

4.)   Lupa Mematikan Lampu

Apakah kamu pernah meninggalkan mobil dengan kondisi lampu kabin yang masih menyala? Ups, sebaiknya jangan sering dilakukan ya karena apabila terjadi terus menerus, maka energi dari aki mobil akan cepat habis.

Untuk menyalakan lampu, dibutuhkan tenaga dari aki. Ketika mesin mobil mati, aliran energi ke aki terputus sehingga aki akan menggunakan energi cadangan yang lama kelamaan juga akan habis. Akibatnya, mesin mobil tidak bisa dinyalakan.

 

5.)   Malas Servis Mobil

Ada kalanya, kamu tidak sempat melakukan servis mobil tepat waktu sesuai yang dianjurkan di buku manual. Mungkin kamu memiliki kesibukan lain, atau sekedar malas datang ke dealer.

Namun, kamu bisa mengecek daftar dealer terdekat dari rumahmu melalui link berikut: https://www.honda-indonesia.com/dealers. Selain itu, kamu juga bisa meminta layanan Pick Up Service dengan menelpon ke dealer resmi terdekat sehingga mobil kamu akan dijemput ke bengkel dan diantarkan kembali ke rumahmu. Mudah kan?

 

Mulai sekarang, yuk hentikan 5 kebiasaan diatas supaya mobil kamu lebih awet. Mobil sehat, hati pun tenang.

Documents

SHARE: