Selain Mobil dan Motor, Honda Juga Merancang Pesawat Jet Pribadi. Bagaimana Asal Mulanya?

Di seluruh dunia, brand Honda dikenal sebagai produsen mesin dan kendaraan yang meliputi mobil, motor, serta mesin untuk kapal laut. Tidak hanya itu, Honda juga secara terus menerus mengembangkan teknologi terbaru melalui pengembangan peralatan canggih dan robot untuk mendukung mobilitas manusia di masa depan. Kini, Honda juga mewujudkan mobilitas di angkasa melalui pesawat pribadi HondaJet yang pertama kali digagas oleh Michimasa Fujino, President & CEO Honda Aircraft Company.

Awal terbesitnya ide untuk menciptakan pesawat dimulai pada tahun 1986. Saat itu, Michimasa Fujino sebagai sarjana Teknik Penerbangan dari Universitas Tokyo justru bekerja pada bagian produksi mobil di Honda Japan. Setelah 3 tahun bekerja, ia dipindahkan ke Pusat Riset Teknologi di Tokyo untuk menangani produk pesawat. Saat itu, ia membuat dua buah pesawat prototype, namun pekerjaan tersebut sempat terhenti karena krisis ekonomi yang melanda Jepang pada tahun 1990.

Di tahun 1997, Fujino tidak menyerah dengan mimpinya untuk mewujudkan bisnis pesawat terbang. Akhirnya, ia berangkat ke Amerika untuk kembali melanjutkan penelitiannya terhadap pesawat terbang. Usaha tersebut membuahkan hasil pada tahun 2003, dimana pesawat pertama HondaJet berhasil terbang selama 1 jam pada sesi uji coba di Bandara Internasional Piedmont Triad, Greensboro, Amerika.

Memasuki tahun 2006, Honda mulai mengkomersialkan produk pesawat perdananya dengan mengikuti National Business Aviation Association yang bertempat di Florida, Amerika. Honda Aircraft berhasil menerima 100 pemesanan, dan pesawat tersebut dikirimkan ke konsumen di tahun 2015 setelah mendapatkan sertifikasi dari Federal Aviation Administration.

Membuat pesawat terbang telah menjadi impian Soichiro Honda sebagai pendiri perusahaan Honda sejak lama. Kini, pesawat HondaJet telah mengangkasa dan terjual lebih dari 150 unit di Amerika, Asia Tenggara, Cina, Timur Tengah, India dan Jepang. Pencapaian tersebut semakin mengukuhkan HondaJet sebagai jet ringan yang paling banyak dikirim di kelasnya pada tahun 2017, 2018 dan 2019.

Documents

SHARE: